Jumat, 25 November 2016

PARASIT DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

 Kesehatan manusia semakin hari semakin dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang kompleks.Berbagai macam penyakit yang diderita semakin beragam.Beberapa penyakit ini bisa timbul akibat parasit.disetiap sudut ruang dan disetiap bepergian pasti mendapatkan mikroba tersebut bahkan ditubuh kita juga terdapat mikroba ini.mikroba(parasit) penyebab penyakit,mulai dari penyakit yang mudah disembuhkan hingga penyakit yang sulit disembuhkan.Mikroba pembawa penyakit ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Parasit ini ditemukan oleh antoni van leeuwenhoek(1618) sebagai mikroorganisme yang bergerak-gerak didalam tinjanya.Flagelata ini pertama kali dikenal dan dibahas oleh Lambl(1859) yang memberinya nama”intestinalis”kemudian stiles (1951) memberikan nama baru “Giardia lamblia” untuk menghormati Prof..A.Glard darp Paris dan doctor F.Lambl dari prague. 

Parasit adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang hidupnya tergantung pada makhluk hidup lainnya. Kata parasit berasal dari bahasa Yunani ‘Parasitos’ yang artinya di samping makanan (para=di samping/di sisi, dan sitos=makanan). Parasit hidup dengan menempel dan menghisap nutrisi dari makhluk hidup yang di tempelinya. Makhluk hidup yang di tempeli oleh parasit di sebut dengan istilah inang. Secara umum, keberadaan parasit pada suatu inang akan merugikan dan menurunkan produktivitas inang. Karena selain menumpang tempat tinggal, parasit juga mendapatkan nutrisi dan sari makanan dari tubuh inang. Hal seperti ini akan menyebabkan tubuh inang mengalami nutrisi yang akan mempengaruhi metabolisme tubuhnya.

Istilah parasit  banyak di temukan dalam bidang biologi. Istilah ini merujuk pada organisme-organisme yang hidup dengan cara menempel dan menghisap nutrisi dari inangnya. Istilah parasit kemudian di adopsi ke dalam bahasa sehari-hari sebagai istilah untuk menyebut segala sesuatu yang memiliki pola hidup seperti parasit. Seperti misalnya, manusia yang hidup dengan menumpang tinggal dan menumpang makan pada orang lain maka akan di sebut parasit. Ataupun orang pemalas yang menggantungkan hidup pada orang lain juga di sebut parasit. Secara bahasa, istilah parasit mempunyai konotasi yang buruk.
Dalam ilmu kesehatan, parasit identik dengan organisme penyebab penyakit. Sebagian besar penyakit yang menyerang manusia di sebabkan oleh parasit yang hidup dan berkembang biak dalam tubuhnya. Contoh parasit yang merugikan kesehatan manusia antara lain adalah:
  • Cacing perut
  • Kutu rambut
  • Parasit penyebab malaria
  • Jamur kulit
  • Virus dan bakteri yang berkembang biak dalam tubuh manusia, dll.
Dimana pintu masuknya parasit ke dalam tubuh manusia melalui mulut.Contohnya protozoa usus,Ascaris lumbricoides,Trichuris trichiura,Enterobius vermicularis,Hymenolepis nana,trichostrongylus sp.,Trichinella spiralis,taenia solium,Taeniasaginata, Diphyllobothrium latum,dan Fasciola hepatica,masuk ke dalam tubuh manusia bersama makanan yang terkotaminasi parasit,berupa kista,telur,larva ataupun parasit dewasanya.

parasit digolongkan berdasarkan cara hidupnya terbagi menjadi  Ektoparasit  (ectozoa)& Endoparasit (entozoa) sedangkan berdasarkan sifatnya digolongkan menjadi Parasit Fakultatif,  Parasit Insidentil, Parasit Eratika, Parasit Eratika.Dimana dari parasit parasit diatas merupakan parasit yang hidup diluar dan didalam tubuh manusia.

 Penggolongan Hospes, Hospes adalah induk semang / sel inang tempat parasit tinggal sementara atau selamanya demi kelangsungan hidunya. Hospes terbagi menjadi 2, yaitu : Definitive Host, Intermediate Host.

Ascaris Lumbricoides  Cacing Besar Dalam Tubuh  (Lingkungan Kotor)Jika istilah parasit  Ascaris Lumbricoides itu terlalu ilmiah maka mungkin  lebih familir dengan nama cacing gelang, namun yang berbeda adalah A. Lumbricoides merupakan parasit besar yang dapat tumbuh dalam tubuh  hingga sepanjang 35 cm. Sebagai gambaran 30 cm itu kurang lebih sekitar 1 telapak kaki pria dewasa. Jika hal ini masih cukup sulit untuk dibayankan maka sebut saja A. Lumbricoides sebagai salah satu cacing parasit terbesar yang dapat ditemukan di manusia
.
 sekitar 1 dari 6 populasi manusia sudah terinfeksi parasit ini, hal ini adalah karena biasanya tidak ada gejala yang diperlihatkan parasit ini hingga kasus terburuk dimana pada akhirnya penyumbatan usus akan terjadi. Parasit ini memasuki tubuh manusia saat mereka termakan dalam kondisi lingkungan yang tidak bersih seperti kebanyakan cacing-cacing parasit mengerikan lainnya.

Daftar hal-hal yang dapat menyebabkan parasit seperti tidak ada habisnya. Tetapi alasan utama mengapa mereka dianggap berbahaya karena mereka memakan sel-sel dan jaringan tubuh manusia dan mereka dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa. Kelelahan: Sakit badan: Sakit badan: Gigi Grinding: Sembelit Atau Diare: Salah satu kesalahpahaman umum seputar infeksi parasit adalah bahwa ia hanya mempengaruhi orang-orang yang hidup dalam kondisi sanitasi yang buruk.

Parasit(invasi),sekelompok besar penyakit yang menyebabkan organisme pathogen yang hidup dan berkembang biak dalam manusia,penyakit parasit dapat disebabkan oleh bakteri pathogen,protozoa parasit,arthropoda,uniseluler,parasit multiseluler atau virus

Parasit sangatlah berbahaya jadi kita sebagai salah satu inang dari parasit harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita agar selalu fit agar parasit yang ada dalam tubuh maupun yang di lingkungan tidak menjadi kendala untuk melakukan aktivitas


NAMA :  INDAH HANIFAH SUWAEDI
 NIM    : PO713203161018 

1 komentar :

  1. The Best Casino Sites in the UK - Lucky Club
    There are luckyclub.live a few things I recommend about a gambling site – they offer a wide range of slot games and live games. This is one of the reasons that I have found

    BalasHapus